KRISTEN PROGRESIF

Belakangan muncul KRISTEN PROGRESIF, banyak orang bertanya kepada saya, dimana letak kesalahan mereka.

Sebenarnya kesalahan mereka dengan banyak kelompok Kristen lain itu SAMA, yaitu melihat ALKITAB bukan Firman Tuhan yang FINAL, melainkan masih PROGRES terus. Mereka masih meyakini Tuhan menambah lagi firmanNya, kata mereka JANGAN BATASI KUASA TUHAN.

Jadi, bagi Kristen progresif Alkitab bukan kebenaran yang final, bukan satu-satunya firman Tuhan. Mereka percaya Tuhan masih akan singkapkan lagi kebenaran tambahan terus menerus secara progresif. Misalnya Ellen dapat kebenaran TAMBAHAN yaitu harus kuduskan hari Sabtu, tanpa mengerti tujuannya untuk apa. Joseph Smith dapat tambahan wahyu menjadi kitab Mormon.

Banyak kelompok Kristen yang tidak paham tentang Alkitab yang adalah KANON TERTUTUP, yang artinya sudah Tuhan tutup proses pewahyuan, karena sudah cukup. Sama sekali bukan karena Tuhan jadi tidak berkuasa, atau Tuhan jadi bisu, atau Roh Kudus lumpuh. Tuhan menutup proses pewahyuan karena Alkitab sudah cukup untuk memahami hal yang Tuhan mau kita pahami. Dia tidak mau menambahinya lagi, tidak progresif lagi.

Semua kelompok Kharismatik melakukan hal yang sama dengan Kristen progresif. Kelompok Kharismatik sambil menentang Ellen White yang dapat wahyu tambahan melalui mimpi untuk menguduskan hari Sabtu, sambil mereka sendiri percaya mimpi juga, misalnya bermimpi bercumbu dengan perempuan cantik dll., dan mereka juga percaya bahwa ada orang yang melihat Yesus walau cuma bayangan putih saja, padahal itu iblis.

Jadi, ketika seseorang belum melihat bahwa Alkitab adalah kebenaran ilahi YANG FINAL, SEMPURNA, melainkan masih percaya adanya proses pewahyuan melalui mimpi, visi, dapat bisikan dll., sesungguhnya mereka adalah Kristen progresif.

Dalam kekristenan sesungguhnya hanya ada dua kategori besar kesesatan.

1.. Penyimpangan PONDASI IMAN. Mereka tidak percaya bahwa Alkitab sudah sempurna, kebenaran yang final, satu-satunya firman Tuhan. Dan sejak Alkitab selesai, Tuhan tidak menambah wahyuNya lagi, maka tidak ada lagi mimpi, visi, bisikan, yang dari Tuhan. Mereka juga percaya Apokripa, Tradisi, Dekrit (fatwa) pemimpin mereka setara dengan Alkitab. Jadi, Anda bisa mengkategorikan denominasi apa saja yang masuk ke dalam kesesatan ini.

2.. Salah menafsirkan ayat Alkitab. Mereka membuat kesimpulan yang bertentangan dengan ayat tertentu, karena mereka hanya memfokuskan pandangan mereka pada ayat tertentu saja. Kesimpulan yang benar adalah yang tidak bertentangan dengan SATU AYAT PUN. Jadi, Anda bisa mengkategorikan denominasi apa saja yang masuk ke dalam kesesatan ini.

Demikianlah tanggapan singkat saya terhadap banyak pertanyaan tentang munculnya KRISTEN PROGRESIF. Semoga kebenaran singkat yang saya sampaikan akan merangsang Anda untuk mendapatkan gereja yang sungguh-sungguh benar yang sesuai Alkitab, dan HANYA Alkitab saja.

Jakarta, 18 April 2024
DR. SUHENTO LIAUW, DRE., TH.D.
<www.graphe-ministry.org>
<drsuhentoliauwblog.graphe-ministry.org>
YouTube: GBIA GRAPHE & GBIA INDONESIA.
Maranatha!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *