MENGAPA PARA RASUL MEMBAPTIS HANYA DALAM NAMA YESUS?

Sejak saya remaja, saya sudah menjadi orang Kristen yang kritis. Ketika kita membaca di Amanat Agung Matius 28, Tuhan perintahkan pada para Rasul untuk menjadikan semua bangsa muridNya, dan membaptis mereka dalam NAMA Bapa, Putra dan Roh Kudus (Mat. 28:19). Tetapi ketika kita membaca Kisah Para Rasul (KPR), kita dapatkan para Rasul membaptis HANYA dalam nama Yesus. Mengapa? Mengapa para Rasul membangkang? Coba baca 👇👇

Act 2:38 Jawab Petrus kepada mereka: “Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.

Act 8:16 Sebab Roh Kudus belum turun di atas seorangpun di antara mereka, karena mereka hanya dibaptis dalam nama Tuhan Yesus

Act 10:48 Lalu ia menyuruh mereka dibaptis dalam nama Yesus Kristus. Kemudian mereka meminta Petrus, supaya ia tinggal beberapa hari lagi bersama-sama dengan mereka.

Act 19:5 Ketika mereka mendengar hal itu, mereka memberi diri mereka dibaptis dalam nama Tuhan Yesus.

Apakah Nama BAPA itu?

Banyak orang tidak sanggup melihat bahwa sesungguhnya Tuhan Yesus hadir di banyak peristiwa PL.

Berdasarkan Injil Yohanes 1:18, tidak ada orang yang pernah melihat Allah Bapa.

Joh 1:18 ITB Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.

Nah, kalau begitu berarti semua pernyataan dalam kitab PL dari orang-orang yang telah melihat Allah, siapa yang mereka lihat? Sesuai ayat yang kita kutip maka sesungguhnya yang mereka lihat itu adalah Yesus Kristus yaitu Anak yang ada di pangkuan Bapa.

Berarti, pribadi yang menampakkan diri kepada Henokh, yang suruh Nuh bikin kapal, yang menampakkan diri pada Abraham, dan yang menampakkan diri pada Musa, Gideon dll., adalah Anak tunggal Allah yang ada di pangkuan Bapa.

Selanjutnya sanggupkah pembaca memahami bahwa yang menyatakan dirinya dengan nama JHVH itu kepada Musa sesungguhnya adalah Anak Tunggal Allah yang ada di pangkuan Bapa juga?

Kalau Anak tunggal Allah yang di pangkuan Bapa memberitahukan kepada Musa bahwa namaNya ialah JHVH, berarti itu adalah nama Bapa sekaligus juga adalah nama Anak. Dan ketika Bapa mengutus Anak ke dalam dunia sebagai penebus dosa Ia memberikan namaNya, sehingga malaikat kasih tahu Yusuf bahwa namanya harus YESUS. Nama Yesus dalam bentuk Ibraninya ialah Jehoshua yang adalah bentukan dua kata yaitu (יהוה) Jehovah atau Yehowah (bhs Ibr Y = J dan W=V) dengan kata Yasha (ישׁע) yang artinya menyelamatkan. Jadi, Yesus artinya Yehowah/Jehovah yang datang untuk menyelamatkan.  Jadi, Yesus artinya Jehovah yang menyelamatkan, ini namanya ketika dalam misi khusus PENYELAMATAN.

Ini adalah Nama Bapa yang diberikan kepada Anak, biasanya kalau ada operasi khusus ada kode sandi, nah untuk tugas penyelamatan yang sedang dikerjakan oleh Anak, nama kodenya ialah YESUS.

Dalam Injil Yohanes 17, empat kali Tuhan Yesus nyatakan dalam doaNya bahwa, Dia telah menyatakan nama Bapa (17:6, 11,12, 26). Di ayat-ayat tersebut dinyatakan NAMAMU atau NAMA BAPA. Pertanyaannya, nama Bapa yang dimaksud Yesus itu apa? Jawabannya, Yesus tidak pernah menyatakan nama lain selain nama yang diberikan kepadaNya pada saat malaikat kasih tahu Yusuf bahwa namaNya harus Yesus (Mat.1:21).

Joh 12:28 Bapa, muliakanlah nama-Mu!” Maka terdengarlah suara dari sorga: “Aku telah memuliakan-Nya, dan Aku akan memuliakan-Nya lagi!”

Joh 17:6  Aku telah menyatakan nama-Mu kepada semua orang, yang Engkau berikan kepada-Ku dari dunia. Mereka itu milik-Mu dan Engkau telah memberikan mereka kepada-Ku dan mereka telah menuruti firman-Mu.

Joh 17:11 Dan Aku tidak ada lagi di dalam dunia, tetapi mereka masih ada di dalam dunia, dan Aku datang kepada-Mu. Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita. View more

Joh 17:12 Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku; Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorangpun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci. View more

Joh 17:26 dan Aku telah memberitahukan nama-Mu kepada mereka dan Aku akan memberitahukannya, supaya kasih yang Engkau berikan kepada-Ku ada di dalam mereka dan Aku di dalam mereka.”

Bisakah kita simpulkan bahwa nama Yesus yang berasal dari KATA Jehovah + yasah, itu sesungguhnya adalah nama Allah TRITUNGGAL. Itu adalah nama Bapa, dan juga adalah nama Anak, dan nama Roh Kudus yaitu nama kesatuan mereka.

Apakah Nama Roh Kudus?

Roh Kudus, sesungguhnya kata KUDUS itu penekanan pada sifat dan karakter Roh itu, yang juga disebut Roh Kebenaran, Roh Penghibur, dll. Lalu, namanya apa?

Phi 1:19 ITB karena aku tahu, bahwa kesudahan semuanya ini ialah keselamatanku oleh doamu dan pertolongan Roh Yesus Kristus.

Ternyata Rasul Paulus melalui inspirasi Roh Kudus memberitahukan orang Filipi dan kita bahwa Roh Kudus itu adalah Roh Yesus Kristus juga.

Nah, sekarang sudah semakin jelas bahwa NAMA Bapa dan NAMA Sang Putra itu sama, demikian juga NAMA Roh Kudus sesungguhnya juga sama, yaitu JEHOVAH, dan YESUS adalah nama khusus untuk masa DISPENSASI sampai pengangkatan (Rapture), yaitu saat Allah Jehovah dalam misi penyelamatan. Dengan demikian kita bisa simpulkan bahwa para Rasul tidak membangkang ketika mereka membaptis orang percaya HANYA dalam nama Yesus, karena Yesus adalah nama Bapa yang diberikan kepada Anak pada saat Dia bertugas melakukan misi penyelamatan, dan itu juga nama Roh Kudus.

GBIA, supaya tidak melakukan kesalahan, karena kami paling takut melakukan kesalahan, kami memilih menyebutkannya secara lengkap, yaitu membaptis orang percaya DALAM NAMA BAPA, PUTRA dan ROH KUDUS yaitu YESUS.

Kami takut melakukan kesalahan, maka itu kami hanya membaptis orang yang sudah bertobat dan percaya, bukan yang masih bayi, dan membaptis mereka atas dasar pengakuan iman mereka. Dan kami melakukan kepada orang yang telah mengaku percaya dan memberi diri untuk dibaptis, kami membenamkannya KE DALAM AIR (BAPTIZO) dan menariknya bangun, bukan dengan memercikan air (RANTIZO). Dan kami ingin mengajak semua orang percaya yang cinta Tuhan dan cinta kebenaran untuk mematuhi Tuhan dengan melakukan perintahNya setepat-tepatnya. Bertobatlah secara doktrinal supaya Anda berkenan kepada Tuhan.

KESIMPULAN

Allah Tritunggal, terdiri dari TIGA (TRI) Pribadi sebagaimana dinyatakan dalam 1Yoh.5:7-8, tetapi NAMA mereka SAMA yaitu TUNGGAL (unity). Bapa memakai nama JEHOVAH, dan Anak memakai nama YESUS yang artinya JEHOVAH MENYELAMATKAN, dan Roh Kudus nama lainnya ialah ROH YESUS. Inilah sebabnya para Rasul membaptis hanya dengan NAMA Yesus.

Kata NAMA (ὄνομα) di Matius 28:19 itu bentuk TUNGGAL, maka semestinya dipahami “baptislah mereka dalam (satu) NAMA; Bapa dan Anak dan Roh Kudus. Satu nama, yaitu nama ketunggalan Allah, yaitu Yesus. Tiga pribadi tetapi satu nama. Hati-hati karena ada yang buat video memfitnah saya.

JAKARTA, 30 April 2020
DR. SUHENTO LIAUW, Th. D.
<www.graphe-ministry.org>
YouTube channel:GBIA GRAPHE
MARANATHA!

Leave a Reply

Your email address will not be published.