Bukti Seseorang Lahir Baru

Banyak orang berkata bahwa dia telah lahir baru, tetapi benarkah? Dr. Suhento Liauw menjabarkan bukti seseorang dilahirkan kembali oleh air dan Roh dalam Yesus Kristus, yang menurut Alkitab. Ini hal yang tidak dimiliki oleh orang yang tidak lahir baru.

1. Meninggalkan bahkan lari dari dosa. Orang yang sungguh lahir baru akan meninggalkan dosa bahkan lari dari dosa. Masih ada kemungkinan jatuh dalam dosa, tetapi dia tidak ada sukacita dalam dosa. Dia tahu karena dosanya Yesus tersalib, dan setiap kali ia jatuh dalam dosa Yesus Kristus sangat sedih.

2. Mengucap syukur, ada rasa terima kasih baik kepada Tuhan maupun kepada orang yang memberitakan Injil kepadanya. Rasa syukur inilah yang mendorong dia melakukan hal yang positif untuk Tuhan, dan juga untuk orang yang memberitakan Injil kepadanya. Ia pasti akan ikut membiayai bahkan ikut terlibat pemberitaan Injil seterusnya. Persembahan persepuluhan itu sangat kecil baginya karena jiwanya yang telah terselamatkan tak terhingga nilainya.

3. Mencari kebenaran, baik secara pribadi maupun secara kelompok. Ia haus akan kebenaran, lebih haus dari orang Yahudi Berea karena di dalam hatinya ada Roh Kebenaran yang merindukan kebenaran. Ia rindu membahas Alkitab, dan ia pasti akan mengejar kelompok yang mengajarkan kebenaran serta bergabung dengan mereka. Bahkan ia berani menderita demi kebenaran. Jika perlu ia bahkan siap mati demi kebenaran. Karena banyak belajar kebenaran, ia semakin hari semakin mengerti kebenaran, sehingga semakin sanggup membedakan pengajaran doktrinal tiap denominasi bahkan tiap gereja.

4. Rindu menyelamatkan orang lain. Jika seseorang sudah lahir baru, sudah selamat, mustahil dia tidak terdorong untuk menyelamatkan orang-orang yang dikasihinya. Ia bahkan akan sangat ingin menyelamatkan orang-orang yang terperangkap dalam berbagai kesesatan.

5. Rindu berkumpul bersama saudara seiman. Ini yang akan mendorongnya berjemaat walau sesulit apapun. Jemaat awal kekristenan berjemaat di bawah ancaman. Para anabaptis sepanjang zaman selalu menempuh bahaya demi berkumpul berjemaat. Tentu orang lahir baru mencari jemaat alkitabiah, dan ia pasti akan pindah ke jemaat yang lebih alkitabiah. Ia memilih jemaat bukan karena dekat rumah, AC-nya sejuk, gedungnya megah, banyak teman, tetapi lebih kepada seberapa benar pengajaran di sana.

Tentu bukti seseorang telah lahir baru lebih dari lima poin ini. Tetapi lima poin ini adalah yang sekurang-kurangnya, artinya jika lima poin ini tidak ada padamu, Anda mustahil sudah lahir baru walaupun anda mengaku sudah lahir baru (Dr. Suhento Liauw)

Leave a Reply

Your email address will not be published.