PENTINGNYA KONSEP Alkitab KANON TERTUTUP

1. Sy tidak berkata SEMUA karunia ditutup, melainkan hanya yg berhubungan dgn proses pewahyuan saja. Walaupun sesungguhnya untuk zaman sekarang sangat sulit untuk memastikan seseorang diberi karunia memimpin oleh Tuhan atau itu berkat usahanya dalam belajar dan melatih diri. Artinya, itu adalah hal yang sangat subyektif.

2. Sebelum membahas karunia, yg lebih penting ialah memastikan FIRMAN TUHAN itu hanya di Alkitab, atau JUGA ada di luar Alkitab?

3. Kalau hanya di dalam Alkitab, maka itu artinya Alkitab satu-satunya Firman Tuhan, atau disebut KANON TERTUTUP, yaitu sebuah ukuran yang sudah pas yang tak boleh ditambah-kurangkan lagi.

4. Kalau di luar Alkitab ada firman Tuhan, maka itu artinya Alkitab cuma SALAH SATU firman Tuhan. Berarti ada Firman Tuhan selain Alkitab, atau Tuhan turunkan wahyu terus sesudah kitab Wahyu.

5. Kalau Alkitab cuma salah satu firman Tuhan, maka konsekuensinya ialah KEBENARAN Alkitab cuma SALAH SATU kebenaran.

6. Kalau kebenaran Alkitab adalah salah satu kebenaran, maka konsekuensi berikutnya JALAN KE SORGA yang ditawarkan Alkitab HANYA SALAH SATU jalan.

7. Kalau percaya Alkitab KANON Tertutup, maka berarti percaya juga bahwa proses pewahyuan hanya sampai kitab Wahyu 22:21, artinya sesudah Wahyu 22:21 Tuhan tidak turunkan wahyu lagi. Tidak ada orang yang membatasi Allah, melainkan Allah sendiri yang membatasi firmanNya agar Alkitab menjadi sebuah standar ukur atau sebagai sebuah PATOKAN atau KANON.

8. Kalau proses pewahyuan hanya sampai kitab Wahyu, maka karunia yang BERHUBUNGAN dengan proses pewahyuan berhenti sehubungan dengan berhentinya proses pewahyuan. Selanjutnya tidak ada wahyu turun lagi sesudah penulisan kitab Wahyu yang terjadi sekitar tahun 98 AD.

9. Jadi, janganlah  berpikir inkonsisten atau tidak sinkron, melainkan harus konsisten. Ketika ditanya, apakah percaya Alkitab satu-satunya Firman Tuhan, jawabnya ya, tetapi masih percaya nubuatan masih jalan. Ini tidak konsisten. Karena kalau masih ada wahyu dari Tuhan dan nubuatan masih berjalan sesudah kitab Wahyu, itu artinya firman Tuhan bukan hanya di Alkitab karena nubuatan yang sedang jalan itu adalah firman Tuhan.

10. Undian, Urim-tumim, mimpi, visi, suara dari Tuhan, bertemu malaikat, semua itu adalah BENTUK PEWAHYUAN, artinya melalui itulah wahyu disampaikan. Jadi, sesudah Alkitab selesai, maka semua alat pewahyuan itu tidak diberikan Tuhan lagi. Tidak ada lagi orang yang mendapat mimpi dari Tuhan seperti yang terjadi pada Yusuf di saat Alkitab belum selesai.

11. Orang Kristen alkitabiah harus sangat tegas menyatakan bahwa tidak ada firman Tuhan SELAIN Alkitab, baik secara lisan maupun secara tertulis. Kalau ada firman Tuhan selain Alkitab, maka Alkitab bukan satu-satunya firman Tuhan. Kalau ada firman Tuhan selain Alkitab, maka iman Kristen bukan kebenaran yang satu-satunya.

12. Banyak orang tidak tahu bahwa PEWAHYUAN (apokalipsis) itu artinya penyingkapan. Ketika Tuhan turunkan WAHYU itu disampaikan melalui kata-kata seperti kepada Samuel, atau melalui undian seperti kasus Yunus, atau malalui urim-tumim yang ditaruh di dada imam besar, atau malalui mimpi, atau penglihatan, atau malaikat datang, atau diangkat ke Sorga seperti Rasul Paulus. Mereka berkata pewahyuan sudah berhenti tetapi percaya si anu dibawa jalan-jalan ke Sorga dan Neraka, tanpa menyadari bahwa yang mereka percayai itu KONTRADIKSI.

13. Kesimpulannya, jika proses pewahyuan sudah berhenti, maka semua bentuk pewahyuan itu otomatis tidak ada lagi. Jadi, tidak ada orang yang membatasi Allah, melainkan memahami bahwa Allah yang maha bijak telah menghentikan proses pewahyuan KARENA FirmanNya yang di dalam Alkitab TELAH SEMPURNA.

14. Alkitab adalah Satu2nya Firman Tuhan, Alkitab adalah KANON TERTUTUP,  apakah ini pengakuan iman Anda?  Arti KANON TERTUTUP ialah sebuah ukuran atau patokan yg sudah pasti, tdk ada penambahan wahyu lagi. Arti satu-satunya Firman Tuhan itu sama, yaitu tidak ada penambahan wahyu (revelation) lagi. Dan tentu juga tidak ada inspiration (pengilhaman) lagi sejak Alkitab selesai ditulis.

15. Pengakuan iman bahwa ALKITAB SATU-SATUNYA FIRMAN TUHAN, KANON TERTUTUP adalah pengakuan iman TERPENTING. Semua pengakuan iman lain, seperti Yesus satu-satunya Juruselamat, Tritunggal, TIDAK ADA GUNANYA atau NOL BESAR jika Alkitab bukan satu-satunya firman Tuhan.

16. Sekarang pekerjaan Roh Kudus ialah Illumination (penerangan) kepada orang yang mempelajari Alkitab yang rindu mengerti maknanya. Karena tidak ada proses pewahyuan dan pengilhaman lagi, maka Alkitab SATU-SATUNYA Firman Allah.  Sekali lagi, apakah ini pengakuan iman Anda?  Sehubungan dengan itu maka tidak ada lagi orang yang bernubuat yang isinya datang dari Allah sejak Alkitab ditutup menjadi KANON TERTUTUP.

17. Siapapun yg berkata bhw dia dapat wahyu dari Allah sesudah Alkitab selesai, maka itu 100% bukan dari Allah.  Bersamaan dengan itu ialah tidak ada lagi penglihatan, mimpi, penampakan dari Tuhan karena ditutupnya proses pewahyuan pada saat selesainya penulisan kitab Wahyu yang terjadi pada akhir abad pertama oleh rasul terakhir. Kalau masih ada turun wahyu sesudah kitab Wahyu, kalau masih ada penglihatan, mimpi dari Tuhan, dll., sesudah kitab Wahyu, maka Alkitab bukan satu2nya Firman Tuhan, atau Alkitab bukan KANON TERTUTUP.  Kalau Alkitab bukan KANON TERTUTUP atau satu-satunya Firman Tuhan, maka doktrin kekristenan bukan satu-satunya kebenaran dari Tuhan melainkan salah satu kebenaran.

Coba direnungkan dengan sebaik-baiknya, dan jika mau tahu lebih banyak kebenaran alkitabiah, silakan berkunjung ke <www.graphe-ministry.org>
Channel YouTube: GBIA GRAPHE

Dr. Suhento Liauw.
Maranatha!

Leave a Reply

Your email address will not be published.