Markus 16:14 dst.

[1]. Secara theologis, karunia melakukan mujizat bukan untuk setiap orang yang percaya kepada Injil, tetapi untuk para rasul yang tadinya tidak percaya berita bahwa Guru mereka telah bangkit, yang kemudian jadi percaya. Jika mereka percaya dan pergi memberitakan Injil maka KEPERGIAN mereka akan disertai karunia melakukan mujizat, untuk meyakinkan orang.

Jika seseorang membaca perikop ini dengan hati-hati dan dengan hati yang ingin mengerti kebenaran, pasti ia bisa melihat kebenaran dengan tepat.

[2] Timotius, Titus, Barnabas, semuanya tidak pernah mengklaim bahwa mereka akan disertai oleh kuasa-kuasa melakukan mujizat, karena mereka tahu diri bahwa mereka bukan Rasul. Mereka tentu seperti kita, berdoa untuk orang-orang sakit, dan jika Tuhan mau menyembuhkan, maka Tuhan akan sembuhkan. Mereka tidak memiliki KARUNIA MELAKUKAN mujizat dan tidak memerlukan karunia mengadakan mujizat.

[3]. Paulus yang tidak pernah jadi murid Yesus saat Dia mengajar, mengklaim dirinya Rasul Kristus. Semua orang pasti bertanya, dasarnya apa? Sudah pasti pergunjingan tentang kerasulan Paulus terjadi juga di antara orang Korintus. Dan itulah yang memotivasi Paulus tulis ayat berikut.

2Co 12:12 Segala sesuatu yang membuktikan, bahwa aku adalah seorang rasul, telah dilakukan di tengah-tengah kamu dengan segala kesabaran oleh tanda-tanda, mujizat-mujizat dan kuasa-kuasa.

Jadi, sekalipun Paulus tidak pernah mengikut Yesus seperti Petrus cs., dia tahu bahwa dirinya dipilih menjadi rasul karena ia diberi karunia seorang rasul.

Sebenarnya, sesuatu yang tidak jelas bagi orang-orang yang lamban mengerti terhadap Markus 16:14-21, dengan pernyataan Paulus dalam surat Korintus yang kedua, seharusnya menjadi mengerti, bahwa yang dimaksudkan di Markus 16 itu adalah Rasul.

[4]. Secara Empiris dan Historis, tidak ada kebenarannya bahwa Tuhan menjanjikan setiap orang percaya akan kebal racun, termasuk racun ular, dan menumpangkan tangan ke orang sakit maka orang sakit akan sembuh. Orang percaya sepanjang masa berdoa sambil memakai obat dan segala hikmat kepintaran pengobatan.

Sebab, jika betul dijanjikan bahwa orang percaya kebal racun, maka semua orang yang mati oleh karena racun bisa dinyatakan bahwa ia TIDAK BERIMAN.

Ketika orang yang mengklaim bahwa karunia itu juga kepada setiap orang percaya, bukan hanya Rasul2, disuruh minum racun, reaksi umum adalah JANGAN MENCOBAI Tuhan. Padahal korban kopi Vietnam yang terkenal itu sama sekali tidak bermaksud mencobai Tuhan.

Kelihatannya iblis yang membantu sebagian orang menafsirkan bahwa itu utk setiap orang percaya. Dimulai oleh Richard Spurling th 1886, dan diteruskan oleh Charles Parham 1898, dan kemudian dipopulerkan William Seymour th 1906 dari Azusa Street.

Daya rusaknya luar biasa, karena semakin banyak orang Kristen yang menggebu-gebu mengejar KUASA ITU. Mereka didorong untuk mengejar hal2 yang supranatural. Bahkan awan yang berbentuk salib, dan ada yang kerutan wajah, mereka histeris berteriak itu Yesus.

Tentu iblis mempunyai target, karena telah dinubuatkan bahwa iblis akan menyesatkan orang dengan mujizat. Jika manusia, terutama orang-orang Kristen, tidak diseret dulu ke suasana gila mujizat, bagaimana mungkin iblis bisa menyesatkan begitu banyak orang dengan mujizat? Coba renungkan.

Cobalah baca ayat-ayat peringatan berikut ini:

Mat. 24:5   Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Mesias, dan mereka akan menyesatkan banyak orang.

24  Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga.

25  Camkanlah, Aku sudah mengatakannya terlebih dahulu kepadamu.

2 Tes. 2:9-12

9  Kedatangan si pendurhaka itu adalah pekerjaan Iblis, dan akan disertai rupa-rupa perbuatan ajaib, tanda-tanda dan mujizat-mujizat palsu,

10  dengan rupa-rupa tipu daya jahat terhadap orang-orang yang harus binasa karena mereka tidak menerima dan mengasihi kebenaran yang dapat menyelamatkan mereka.

11  Dan itulah sebabnya Allah mendatangkan kesesatan atas mereka, yang menyebabkan mereka percaya akan dusta,

12  supaya dihukum semua orang yang tidak percaya akan kebenaran dan yang suka kejahatan.

Mat. 7:22-23

22  Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?

23  Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!”

Sesungguhnya peringatan Tuhan tentang iblis yang akan menyesatkan dengan mujizat SUDAH CUKUP. Berarti jika ada yang masih tersesatkan maka pastilah mereka adalah yang sudah berhasil dibutakan oleh iblis sehingga peringatan-peringatan ayat-ayat Alkitab sudah tidak mempan lagi.

Saya menulis ini didorong oleh Kasih Kristus, agar siapapun yang sedang disesatkan iblis dengan pertunjukan berbagai mujizat bisa diselamatkan.

Jakarta, 22 Maret 2018
Dr. Suhento Liauw
Www.graphe-ministry.org
Maranatha!

Leave a Reply

Your email address will not be published.