IMAN YANG KANDAS

2Ti 3:7 yang walaupun selalu ingin diajar, namun tidak pernah dapat mengenal kebenaran.

Jika seseorang tidak cinta kebenaran, artinya yang seharusnya dia mengerti dan memegang kebenaran, namun dia berkelit terus, maka Tuhan akan buat dia putar-putar seperti orang linglung. Mengapa bangsa Israel 40 th putar-putar di padang gurun? Tidak tahu jalan? Bukan. Tuhan yang buat mereka linglung. Mengapa? Karena seharusnya mereka sudah ambil keputusan masuk Kanaan namun mereka tidak mau.

Saya amati, banyak orang setelah mendengar pengajaran GBIA, hati nurani mereka tahu ini benar. Karena saya sendiri pernah merasakannya sekitar 27 tahun lalu. Saat itu terjadi peperangan di dalam kepala dan hati saya. Puji Tuhan saya putuskan buang semua pengajaran saya yang salah dan menyambut dengan mensyukuri kebenaran baru yang saya dengar yang sangat sesuai akal sehat saya dan ayat-ayat Alkitab.

Tetapi, saya amati banyak orang, yang menolak hati nuraninya, sehingga kandaslah iman mereka.

1Ti 1:19 Beberapa orang telah menolak hati nuraninya yang murni itu, dan karena itu kandaslah iman mereka.

Ketika pertama kali saya dengar tentang konsep KANON TERTUTUP di US tahun 1993, saya tersentak. Terus terang, sampai sudah menjadi Gembala enam tahun, dan dosen agama di Poltek UI enam tahun saya belum pernah dengar tentang kanon tertutup beserta seluruh konsekuensinya. Hati saya menjerit Halleluyah saat saya dijelaskan tentang betapa pentingnya memegang teguh konsep kanon tertutup yang artinya tidak ada lagi mimpi, penglihatan, dan berbagai aktivitas pewahyuan lain. INI ADALAH FONDASI IMAN KEKRISTENAN YANG PALING UTAMA. Alkitab satu-satunya firman Tuhan, dan Tuhan stop pewahyuan sampai kitab Wahyu 22:21. Tidak boleh ada hal lain seperti tradisi, dekrit pemimpin, yang dijunjung setingkat Alkitab dan juga tidak boleh lagi percaya berbagai bentuk pewahyuan seperti mimpi, penglihatan dll.

Mengapa saya perlu ngotot percaya bahwa mimpi yang diceritakan oleh si anu itu benar dari Tuhan? Sesuatu yang mustahil saya bisa pasti? Tidak, saya tidak mau dibodohi. Saya tidak mau percaya pada dusta. Seandainya saya menolak hati nurani pada saat diterangi tahun 1993, maka saya pasti dinilai Tuhan tidak cinta kebenaran dan Tuhan akan membuat saya percaya dusta.

2Th 2:9-12 ITB 9 Kedatangan si pendurhaka itu adalah pekerjaan Iblis, dan akan disertai rupa-rupa perbuatan ajaib, tanda-tanda dan mujizat-mujizat palsu, 10 dengan rupa-rupa tipu daya jahat terhadap orang-orang yang harus binasa karena mereka tidak menerima dan mengasihi kebenaran yang dapat menyelamatkan mereka. 11 Dan itulah sebabnya Allah mendatangkan kesesatan atas mereka, yang menyebabkan mereka percaya akan dusta, 12 supaya dihukum semua orang yang tidak percaya akan kebenaran dan yang suka kejahatan.

Renungkan kata2 yang sengaja saya hitamkan.

Semoga bisa menerangi hati yang mencari kebenaran.

Jakarta, 13 Oktober 2020
DR. SUHENTO LIAUW
<www.graphe-ministry.org>
YouTube channel: GBIA GRAPHE

Maranatha!

Leave a Reply

Your email address will not be published.