SATU JEMAAT ADALAH TUBUH KRISTUS atau SELURUH KEKRISTENAN ADALAH TUBUH KRISTUS?

Banyak orang Kristen telah salah diajar dan kemudian dia salah mengajar orang. Saya sering membaca perkataan orang, JANGAN SALING MENJELEKKAN KARENA KITA SAMA-SAMA SATU TUBUH KRISTUS.

Sesungguhnya MENURUT ALKITAB tubuh Kristus itu seluruh SELURUH KEKRISTEN atau SATU JEMAAT di sebuah lokasi?

Menurut ALKITAB,

Kol.1:24 Sekarang aku bersukacita bahwa aku boleh menderita karena kamu, dan menggenapkan dalam dagingku apa yang kurang pada penderitaan Kristus, UNTUK TUBUH-NYA, YAITU JEMAAT.

Kata JEMAAT dalam bahasa Yunaninya ialah ἐκκλησία yang artinya ORANG YANG BERKUMPUL, dan bentuknya tunggal bukan jamak. Artinya, satu jemaat, yaitu saat orang percaya berkumpul di sebuah lokasi, itulah TUBUH KRISTUS. Pada saat orang Kristen masing-masing di rumah, itu bukan tubuh Kristus, karena yang disebut tubuh Kristus itu jemaat, dan yang disebut jemaat itu orang yang berkumpul.

Tadi di dalam surat Kolose, dan demikian juga di surat Efesus, Rasul Paulus ulangi lagi menyatakan bahwa yang disebut tubuh Kristus itu ialah JEMAAT, berarti orang yang berkumpul. 👇👇

Ef.1:23 JEMAAT yang adalah tubuh-Nya, yaitu kepenuhan Dia, yang memenuhi semua dan segala sesuatu

Kesimpulannya, orang Kristen yang ada di China, di Alaska, di Australia, bukan satu tubuh Kristus dengan saya, karena tidak SATU JEMAAT dengan saya. Sekali lagi ayat Alkitab dengan sangat jelas menyatakan bahwa yang disebut tubuh Kristus itu jemaat, dan arti kata jemaat itu ialah orang yang berkumpul di satu lokasi.

Kelihatannya sudah terjadi kesalahpahaman yang masif di kalangan orang Kristen bahwa orang Kristen di Rusia, di China, Australia, Amerika, dan Indonesia itu dalam satu tubuh Kristus. Ini pengajaran yang salah yang sesungguhnya sengaja dikembangkan oleh Antikristus. Mengapa iblis ikut campur tangan dalam hal ini? Jawabannya, karena dia berkepentingan untuk menggiring manusia melakukan agendanya.

Seharusnya, orang Kristen lahir baru di Australia, Amerika, Rusia, dan Indonesia, ini SAUDARA di dalam Kristus, dan dalam satu KELUARGA ALLAH (1Tim.3:15), bukan satu TUBUH.

Mengapa Antikristus Ikutan Menyimpangkan penafsiran?

Sudah dinubuatkan di Alkitab sejak kitab Daniel (Dan. 9:27), bahwa iblis akan memerintah selama satu kali tujuh masa, dan kemudian diperjelas bahwa dia memakai manusia durhaka dalam surat Tesalonika (2Tes.2:3), dan dia akan menguasai bumi selama tujuh tahun, yang juga disebut masa kesusahan Yakub (Yes.30:7). Tujuh tahun masa Tribulation sebelum memasuki masa Kerajaan Seribu tahun, adalah masa Kerajaan Antikristus. Inilah kerajaan yang digambarkan dengan kaki patung besi campur tanah liat dalam mimpi Nebukadnezar, yaitu Kerajaan Antikristus.

Kerajaan Antikristus akan meliputi seluruh dunia sehingga di muka bumi ini semua manusia tunduk kepadanya dan tidak ada yang bisa beli atau jual tanpa seijin dia (Wah13:17). Dan semua orang diharuskan menyembahnya, berarti dia bukan hanya menguasai politik dan ekonomi melainkan juga menguasai agama.

Sesungguhnya agenda utama Antikristus ialah menguasai semua agama, penguasaan politik dan ekonomi hanya fasilitas atau alat untuk memaksakan kehendaknya. maka sudah pasti ia akan menyatukan semua agama. Tentu dalam rangka menyatukan semua agama, Antikristus pasti menyatukan bagian-bagian dari agama, mazhap-mazhap dan denominasi-denominasi.

Mudah-mudahan hikmat pembaca cukup untuk memahami bahwa jika iblis punya agenda menyatukan Islam, Kristen, Budha, Hindu dll., maka sudah pasti untuk menyatukan semua kekristenan adalah bagian dari agenda itu. Setelah kekristenan di bawah satu otoritas, terlebih setelah berhasil menyatukan semua agama ke bawah genggamannya, ia akan duduk di Bait Allah dan menyatakan bahwa dirinya adalah Allah (2Tes.2:4). Ketika dia masih malu-malu dia hanya menyebut dirinya wakil Allah atau wakil Yesus, tetapi setelah tiba puncak kedurhakaannya, dia akan berani menyebut dirinya Allah.

Alat yang paling efektif yang bisa dipakai Antikristus untuk menyatukan semua gereja ke bawah satu otoritas ialah dengan menyimpangkan penafsiran tentang TUBUH KRISTUS. Jika tubuh Kristus itu adalah jemaat lokal, maka harmonisnya ialah tiap-tiap gereja lokal bersifat INDEPENDEN. Antikristus tidak bisa berbuat banyak, bahkan tidak bisa menyatukan gereja demikian ke bawah genggamannya, karena untuk menyatukan seribu gereja INDEPENDEN iblis harus menyatukan seribu orang Gembala gereja Independen itu. Tetapi jika seribu Gembala sudah disatukan dalam satu sinode, maka iblis tinggal pegang beberapa pimpinan puncak sinode saja.

Supaya gereja-gereja lokal menyatukan diri mereka, dia perlu meniupkan konsep tubuh Kristus itu seluruh kekristenan, bukan satu jemaat lokal walau tidak ada ayat Alkitabnya. Banyak orang Kristen terlalu lugu dan lamban berpikir, tidak pernah curiga adanya kemungkinan iblis menyusupkan theolognya, pengkhotbahnya, penulis bukunya dll., ke dalam kekristenan.

DENGAN KONSEP SALAH BAHWA TUBUH KRISTUS ITU TERDIRI DARI SELURUH ORANG KRISTEN, IBLIS MENGGIRING ORANG KRISTEN MENYATUKAN ORGANISASI GEREJA KE BAWAH SATU OTORITAS DAN FINALNYA KE BAWAH GENGGAMANNYA.

Tugas penjaga menara yang utama ialah memperingatkan rakyat bahwa ada musuh atau bahaya sedang datang menuju pintu gerbang. Sedangkan penyusup, atau intelligen musuh akan berusaha keras agar rakyat mengabaikan pengeringatan.

Bagaimana Dengan Pernyataan Rasul Paulus?

Col 3:15 Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah

Tentu maksud Paulus di sini tidak mungkin bertentangan dengan pernyataannya di pasal 1:24, bahwa jemaat, yaitu orang yang berkumpul adalah tubuh Kristus.

Eph 5:30 karena kita adalah anggota tubuh-Nya.

Ada yang berargumentasi bahwa Paulus memakai kata KITA di sini padahal dia bukan jemaat Efesus. Orang yang berargumentasi demikian lupa bahwa Paulus itu pendiri jemaat Efesus. Lagi pula jabatan dan posisi Rasul itu FONDASI bagi tiap-tiap jemaat lokal Perjanjian Baru (Ef.2:19-20). Sampai hari ini tulisan para Rasul, kitab Perjanjian Baru tetap adalah fondasi bagi tiap-tiap jemaat lokal.

1Kor.12:27 Kamu semua adalah (satu)  tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya.

Perhatikan, Rasul Paulus tidak memaksudkan sama sekali bahwa jemaat Korintus bersama jemaat Efesus, dan juga jemaat Galatia semuanya adalah SATU TUBUH KRISTUS. “Kamu semua” dalam frasa tersebut memaksudkan SELURUH ANGGOTA JEMAAT KORINTUS, karena surat ini ditujukan kepada jemaat Korintus, tidak termasuk jemaat-jemaat lain. Jadi, satu jemaat lokal, yaitu Korintus adalah satu tubuh Kristus.

Eph 4:12 untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus

Eph 5:29 Sebab tidak pernah orang membenci tubuhnya sendiri, tetapi mengasuhnya dan merawatinya, sama seperti Kristus terhadap jemaat,

Sesungguhnya di dalam surat kepada jemaat Efesuslah Rasul Paulus paling banyak menyinggung tentang tubuh Kristus, yang dimulai dari pasal 1:23
bahwa, jemaat Efesus adalah tubuh Kristus.

Pada pasal 4:11 dst, Rasul Paulus menyatakan bahwa Tuhan memperlengkapi jemaat dengan Rasul, Nabi, Penginjil, Gembala, Guru untuk pertumbuhan jemaat. Tentu yang dimaksudkan ialah pengajaran mereka yang menyebabkan pertumbuhan jemaat. Hari ini kita tahu bahwa kitab PL adalah pengajaran para Nabi, sedangkan kitab PB adalah pengajaran para Rasul. Dan mereka semua telah menyelesaikan tugas mereka, PL dan PB sudah menjadi Kanon tertutup bagi orang Kristen.

Kesimpulan Kita

Semakin mendekatnya hari kedatangan Tuhan, berarti semakin dekatnya hari berkuasanya Antikristus yang satu kali tujuh masa itu. Kita percaya bahwa bunyi sangkakala akan mendahului berkuasanya Antikristus. Tetapi kita bisa terkena efek pembangunan infrastrukturnya.

Iblis akan menyatukan seluruh pemerintah di dunia, sebab dia akan kesulitan untuk melakukan penganiayaan masif jika ada pemerintah yang tidak di bawah kendalinya. Dan dia juga akan mengendalikan ekonomi dunia barulah bisa sampai pada keadaan tidak ada yang bisa jual atau beli tanpa seijin dia. Jangan lupa target utamanya ialah menggiring semua manusia menyembahnya. Ingat, dia bahkan pernah meminta Yesus Kristus menyembahnya (Mat. 4:9).

Semua agama akan disatukan, dan semua gereja pasti akan disatukan. Tidak ada satu manusia pun yang dapat mengubah nubuatan. Kita sekarang sedang menyaksikan penyatuan itu, karena sedang berlangsung. Perbedaannya ialah ada sebagian orang yang sangat mengerti sehingga tidak mau ikut bersatu ke dalam genggaman iblis, sementara di sisi lain ada banyak orang Kristen yang berhasil ditipu malahan membantunya menyatukan kekristenan baginya.

Mungkin ada yang berkata, kalau begitu berarti kekristenan berjalan sendiri-sendiri donk? Betul, tiap-tiap gereja harus independen. Tuhan sudah nubuatan selain gandum iblis akan menyebar bibit lalang. Biarkan saja, jangan dicabut, tunggu sampai hari penuaian. Hari ini kita harus cerdas dan penuh hikmat untuk memilih mana kelompok gandum dan mana kelompok lalang, mohonlah hikmat, dan juga mohonlah keberanian untuk membayar harga untuk masuk ke dalam kelompok gandum. Persatuan yang indah di mata Tuhan ialah persatuan antara gereja-gereja yang satu pengajaran dan yang alkitabiah. Bukan satu organisasi melainkan satu doktrin, satu prinsip, satu perjuangan, dari tujuan, sehingga terjadi saling menolong, mengingatkan bahkan saling menegur supaya tidak semakin jauh dari kebenaran yang alkitabiah.

 

—————————————————-
GBIA GRAPHE, Jemaat Dari Allah Yang Hidup, Tiang penopang dan Dasar Kebenaran. <www.graphe-ministry.org>
<drsuhentoliauwblog.graphe-ministry.org>
—————————————————–

Dengan kasih Kristus,
Jakarta, 7 Juli 2019
Dr. Suhento Liauw
Maranatha!

Leave a Reply

Your email address will not be published.