ANTIKRISTUS

Banyak orang Kristen telah mendengar tentang ANTIKRISTUS. Dan mereka menyangka bahwa Antikristus adalah seseorang atau kelompok orang dari pihak non-Kristen yang menentang Kristus atau yang memusuhi orang Kristen. Kesalahpahaman ini menyebabkan mereka salah mewaspadai atau salah mengantisipasi.

ETIMOLOGY ANTIKRISTUS

ἀντίχριστος (antikristos) sesungguhnya adalah dua kata yang disatukan, kata ἀντί (anti), menentang, yang adalah preposisi dan kata χριστος (Kristos) yang dalam bahasa Ibrani disebut Mesias, atau orang yang diurapi. Kata Kristus atau Mesias ini mudah dipahami dan hampir tidak perlu dijelaskan. Sedangkan kata ANTI ini yang sering kali kurang dipahami.

Secara umum semua orang tahu bahwa anti itu artinya menentang, jadi Antikristus itu penentang Kristus. Sedangkan yang tidak dipahami banyak orang ialah CARA PENENTANGANNYA.

Kata ANTI memang berarti menentang, tetapi cara menentangnya ialah dengan menggantikan perannya. Sekarang (8/2-19) di PBB sedang hangat membahas masalah Venezuela. Karena kegagalan Presiden Maduro, inflasi hingga ribuan persen, rakyat kelaparan, sejumlah besar anggota keamanan PBB yang MENENTANG Nicolas Maduro mengangkat Juan Guaidó sebagai presiden Venezuela.

Juan Guaidó ini adalah ANTIPRESIDEN MADURO, dengan pendukungnya yang berjuta-juta di Venezuela, dan juga didukung oleh berbagai negara di PBB termasuk AS. Cara penentangan (ANTI) terhadap Maduro sebagai presiden Venezuela ialah MEMUNCULKAN orang lain sebagai pengganti yang diterima sebagai presiden Venezuela, yaitu Guaido. Jadi, iblis menentang Yesus sebagai Mesias atau Kristus dengan cara memunculkan seseorang atau banyak orang sebagai Mesias atau Kristus. Rakyat Venezuela dan anggota PBB menentang Maduro sebagai presiden Venezuela dengan memunculkan Guaido sebagai presiden pengganti.

Coba pahami pernyataan Tuhan yang ditolak kemesiasannya oleh orang Yahudi.

Yoh 5:43 Aku datang dalam nama Bapa-Ku dan kamu tidak menerima Aku; jikalau orang lain datang atas namanya sendiri, kamu akan menerima dia.

Maksud Yesus, orang Yahudi tidak rela menerima Dia sebagai Mesias atau Kristus, tetapi nanti akan datang orang yang ngaku-ngaku Kristus, justru akan diterima oleh mereka.

Jadi kata ANTI artinya menentang, namun sering kali tidak dipahami bahwa penentangannya ialah dengan cara menggantikannya. Seperti Guaido dan pendukungnya, yang menentang Maduro, yang berkampanye dahsyat untuk menggantikan Maduro. Antikristus adalah orang atau kelompok orang yang berusaha menciptakan Kristus pengganti untuk menggeser Yesus sebagai Kristus yang alkitabiah.

BERAPA BANYAK ANTIKRISTUS?

Di atas telah dibahas bahwa penentang Kristus itu tentu banyak, seperti penentang Maduro sebagai presiden Venezuela, ada sebagian rakyatnya, kumpulan negara-negara di Dewan Keamanan PBB, dan satu orang yang diusung oleh semua penentang itu, yaitu si GUAIDO, yang siap didaulat jadi Presiden Venezuela menggantikan Maduro.

1Yoh 2:18 Anak-anakku, waktu ini adalah waktu yang terakhir, dan seperti yang telah kamu dengar, seorang antikristus akan datang, sekarang telah bangkit banyak antikristus. Itulah tandanya, bahwa waktu ini benar-benar adalah waktu yang terakhir.

Perhatikan pernyataan Rasul Yohanes, dia berkata SEORANG Antikristus akan datang. SATU orang, karena Rasul Yohanes memakai bentuk singular. Orang ini posisinya seperti si GUAIDO, yang siap-siap menggantikan Maduro sebagai presiden Venezuela. Maksud Yohanes ada SATU individu yang akan muncul menyatakan dirinya adalah Kristus. Kemudian dia lanjutkan berkata bahwa ada banyak antikristus, πολλοὶ (polloi) yang artinya BANYAK, jadi ada banyak individu antikristus, seperti semua pendukung Guaido. Persis sama kasus Venezuela yang ada satu orang penentang presiden Maduro yaitu pemimpin oposisi si GUAIDO yang siap menggantikannya sebagai presiden, dan ada banyak individu pendukungnya.

1Yoh 2:22 Siapakah pendusta itu? Bukankah dia yang menyangkal bahwa Yesus adalah Kristus? Dia itu adalah antikristus, yaitu dia yang menyangkal baik Bapa maupun Anak.

Walau dalam kasus Venezuela saya pribadi pikir Maduro harus mundur, dan saya hanya memakai kasus MADURO dan GUAIDO untuk menjelaskan tentang Antikristus. Siapa pendusta itu? Tanya rasul Yohanes, yaitu orang-orang yang tidak mengakui bahwa Yesus adalah Mesias atau Kristus. Penentang Maduro mati-matian menolak kepresidenan Maduro dan mereka mengajukan GUAIDO. Anti Maduro itu banyak, ujung tombak mereka itu satu orang yaitu GUAIDO. Jadi, Antikristus itu banyak, dan ujung tombak mereka itu si Lucifer dan dia belum muncul.

Pada zaman Rasul Yohanes, ada kelompok yang disebut Gnostik. Pengajarannya ialah bahwa tubuh kedagingan itu fana dan dosa. Karena Yesus tidak berdosa maka menurut mereka Yesus tidak mungkin punya tubuh. Jadi, Yesus yang di hadapan para Rasul sekitar tiga setengah tahun itu sebenarnya hanyalah bayangan, menurut mereka. Sekilas kelihatan mau mengagungkan Tuhan Yesus, tetapi sesungguhnya ada tipu muslihat iblis di baliknya. Karena jika Yesus tidak ada tubuh maka Dia tidak mungkin disalibkan menanggung dosa manusia.

Maksud Rasul Yohanes ialah satu pribadi the big boss Antikristus, itu belum datang dan sekarang yang sudah datang dan banyak adalah pendukungnya, team suksesnya, mereka adalah orang-orang yang menyebarkan doktrin-doktrin yang sesat. Dengan ajaran (doktrin) mereka yang menyimpang maka konsep tentang Kristus yang benar (alkitabiah) akan terkacaukan.

1Yoh 4:3 dan setiap roh, yang tidak mengaku Yesus (Kristus datang dalam daging), tidak berasal dari Allah. Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia. (silakan baca di KJV atau TR, karena yg LAI kekurangan yg dlm kurung).

ANTIKRISTUS & CARA KERJANYA

[1]. Antikristus itu ialah penentang-penentang Kristus yang mengusung Kristus lain. Saya sudah pakai analogi situasi Venezuela, antipresiden Venezuela ialah orang-orang yang mengusung pribadi lain sebagai presiden Venezuela. Kelompok orang yang mengusung Kristus lain itu bukan kelompok Islam, Hindu, Budha melainkan Kristen. Maka itu Rasul Yohanes berkata,

19 MEMANG MEREKA BERASAL DARI ANTARA KITA, tetapi mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita; sebab jika mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita, niscaya mereka tetap bersama-sama dengan kita. Tetapi hal itu terjadi, supaya menjadi nyata, bahwa tidak semua mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita.

Banyak orang Kristen berpikir bahwa Antikristus itu dari kelompok ISIS, padahal bukan, karena yang getol menampilkan Kristus palsu, atau Yesus palsu itu dari kekristenan.

[2]. Sepanjang sejarah kekristenan sudah banyak kelompok yang memunculkan Kristus palsu, untuk menggantikan Kristus asli. Gnostic adalah yang sangat awal, dan kelihatannya kelompok Ebionit (penggabungan Yudaisme dan Kristen) juga pernah muncul di jemaat Galatia.

Kemudian masuk Konstantin sebagai pemain untuk menciptakan Kristus palsu sebagai Antikristus. Mereka sengaja mengajarkan Kristus palsu yang lahir tanggal 25 Desember. Padahal Yesus yang alkitabiah lahir di sekitar bulan Juni, karena mulai dikandung pada bulan ke enam Yahudi (Luk. 1:26) yang jika dikonversikan ke kalender kita itu bulan September, maka seharusnya sembilan bulan kemudian maka akan lahir di bulan Juni. Dan mereka memperkenalkan Yesus yang disalibkan pada hari Jumat sehingga tidak cocok dengan pernyataan Yesus sendiri bahwa Dia akan di perut bumi TIGA HARI TIGA MALAM (Mat. 12:40). Sesungguhnya Yesus alkitabiah disalibkan pada hari Rabu, bukan Jumat. Dan mereka juga melukis wajah Yesus serta menyuguhkan lukisan manusia gondrong ganteng kepada publik bahwa itu Yesus. Jadi, mereka menciptakan Yesus yang berbeda total (Antikristus) sebagai pengganti Yesus yang alkitabiah.

[3]. Arti kata KRISTUS atau MESIAS ialah ORANG YANG DIURAPI. Dalam PL ada tiga jabatan yang pengangkatannya dengan cara ditumpahkan minyak wangi di kepalanya, yaitu Nabi, Imam, dan Raja. Tindakan ini disebut PENGURAPAN yang sesungguhnya adalah pelantikan jabatan. Kemudian PL menubuatkan akan datang Dia yang akan memangku tiga jabatan sekaligus yaitu Raja, Imam, dan Nabi. Pribadi ini adalah keturunan Daud yang akan mewarisi tahta Daud, dan Dia disebut ORANG YANG DIURAPI atau MESIAS (Kristus).

Ketika Rasul Yohanes berkata akan muncul BANYAK individu Antikristus, itu artinya akan muncul banyak orang yang menyebut dirinya Kristus atau Mesias atau ORANG YANG DIURAPI. Mereka inilah Antikristus yang dimaksud oleh Yohanes yang sudah ada sejak di zamannya dan akan muncul terus setiap zaman, yaitu orang-orang yang menyebut diri mereka orang yang diurapi. Mesias/Kristus adalah orang yang diurapi, dan Yesus, Dialah Kristus yang asli. Sedangkan orang yang menyebut dirinya YANG DIURAPI adalah ANTIKRISTUS. Gambarannya demikian, presiden RI itu satu saja yaitu Bpk Jokowi, dan siapapun yang menyebut-nyebut dirinya presiden RI, adalah penentang Pak Jokowi yang sedang memangku jabatan Presiden.

[4]. Pendukung Antikristus ialah orang-orang yang mendukung Kristus selain yang sesuai Alkitab. Yesus yang adalah Kristus sudah tertulis jelas di dalam Alkitab. Iblis berusaha menyuguhkan Yesus yang berbeda dari yang di Alkitab, misalnya yang lahirnya di padang gurun di bawah pohon kurma. Yesus dalam bahasa Arab itu Yasu, sedangkan Isa itu adalah bahasa Arab untuk Esau. Karena Yesus itu nama pribadi maka tidak diterjemahkan, berbagai bahasa di dunia hanya ngambil bunyinya saja.

Demikianlah uraian singkat tentang Antikristus. Semoga berbagai pihak bisa memahaminya dan memeriksa ajarannya untuk memastikan diri berada pada posisi percaya dan mendukung Kristus yang asli yaitu Yesus yang sesuai Alkitab.

Leave a Reply

Your email address will not be published.