MENGHUJAT ROH KUDUS

Banyak orang Kristen telah salah memahami tentang dosa MENGHUJAT ROH KUDUS. Mereka biasanya hanya ingat pernyataan Tuhan, dan salah memahaminya.

Mark. 3:20 Kemudian Yesus masuk ke sebuah rumah. Maka datanglah orang banyak berkerumun pula, sehingga makanpun mereka tidak dapat. 21 Waktu kaum keluarga-Nya mendengar hal itu, mereka datang hendak mengambil Dia, sebab kata mereka Ia tidak waras lagi. 22 Dan ahli-ahli Taurat yang datang dari Yerusalem berkata: “Ia kerasukan Beelzebul,” dan: “Dengan penghulu setan Ia mengusir setan.” 23 Yesus memanggil mereka, lalu berkata kepada mereka dalam perumpamaan: “Bagaimana Iblis dapat mengusir Iblis? 24 Kalau suatu kerajaan terpecah-pecah, kerajaan itu tidak dapat bertahan, 25 dan jika suatu rumah tangga terpecah-pecah, rumah tangga itu tidak dapat bertahan. 26 Demikianlah juga kalau Iblis berontak melawan dirinya sendiri dan kalau ia terbagi-bagi, ia tidak dapat bertahan, melainkan sudahlah tiba kesudahannya. 27 Tetapi tidak seorangpun dapat memasuki rumah seorang yang kuat untuk merampas harta bendanya apabila tidak diikatnya dahulu orang kuat itu. Sesudah itu barulah dapat ia merampok rumah itu. 28 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya semua dosa dan hujat anak-anak manusia akan diampuni, ya, semua hujat yang mereka ucapkan. 29 Tetapi apabila seorang menghujat Roh Kudus, ia tidak mendapat ampun selama-lamanya, melainkan bersalah karena berbuat dosa kekal.” 30 Ia berkata demikian karena mereka katakan bahwa Ia kerasukan roh jahat.

EXEGESIS PERIKOP:

[1]. Ayat 30 menyimpulkan bahwa pernyataan Tuhan itu disebabkan oleh ahli Taurat yang datang dari Yerusalem yang berkata bahwa Yesus mengusir Iblis dengan kuasa pemimpin iblis, yaitu Beelzebul.

[2]. Para ahli Taurat idak percaya bahwa Yesus adalah Mesias yang mereka nantikan, apalagi percaya bahwa Dia adalah Sang Jehovah. Mereka telah menolak Dia yang kedatanganNya didahului oleh Elia (Maleakhi 4:5).

[3]. Para ahli Taurat menghujat Sang Mesias, bahkan Sang Jehovah sendiri. Mereka tahu persis nubuatan kitab Yesaya 35:5-6, bahwa ketika Sang Mesias datang maka orang buta akan melihat, orang timpang berjalan, dan orang tuli mendengar. Tuhan tahu keadaan hati mereka bahwa mereka sengaja menghujatNya.

[4]. Pernyataan Tuhan, bahwa penghujatan terhadap diriNya, masih ada pengampunan. Tetapi nanti setelah Ia kembali ke tempat asalnya, dan Roh Kudus datang, kemudian Roh Kudus sekali lagi meyakinkan mereka bahwa Ia benar-benar Mesias, saat itu jika mereka menolak maka itu sudah final.

[5]. Pada hari Pentakosta, Roh Kudus akan datang, dan akan meyakinkan orang tentang dosa, kebenaran, dan penghakiman (Yoh.16:8), dan jika saat itu, para ahli Taurat tetap menolak maka itu adalah penghujatan terhadap Roh Kudus.

[6]. Para ahli Taurat pernah menghujat Yesus, untuk ini mereka diampuni, dan diberikan kesempatan kedua. Ketika Roh Kudus datang, dan sekali lagi meyakinkan mereka, jika mereka menolak maka itu adalah final.

[7]. Dosa penghujatan terhadap Roh Kudus, bukan dosa yang bisa dilakukan oleh orang-orang sekarang. Ini bukan dosa menolak kebenaran, atau menolak mempercayai Yesus yang diberitakan oleh seseorang. Karena, pemberitaan sekarang selain kebenaran yang tertulis (Alkitab), ada unsur peran manusia pemberitanya. Seseorang menolak kebenaran yang disampaikan kepadanya, bisa karena meragukan berbagai hal termasuk meragukan si penyampai itu.

[8]. Dosa penghujatan Roh Kudus adalah dosa khusus yang hanya dilakukan oleh para ahli Taurat, yang saat itu menghujat langsung kepada Yesus, dan Yesus saat itu masih mengampuni mereka, memberi mereka SATU KALI LAGI KESEMPATAN, yaitu saat kedatangan Roh Kudus. Setelah sekali lagi mereka diyakinkan Roh Kudus dan tetap menolak, maka itu sudah final.

DOSA TAK TERAMPUNKAN YANG BISA DILAKUKAN ORANG SEKARANG

{1}. Dosa menolak kebenaran sampai akhir hidupnya. Tentu termasuk tidak pernah mendengar atau mendapatkan kebenaran sampai akhir hidupnya. Banyak orang bertanya, bagaimana dengan nasib mereka yang tinggal di hutan? Tentu mereka akan binasa. Dosa itu seperti virus yang sangat mematikan. Dan Tuhan telah memberikan anti-virus yang sangat ampuh yaitu Injil. Tanpa Injil manusia berdosa pasti binasa. Oleh sebab itu tidak ada pekerjaan yang lebih utama dan lebih urgent dari memberitakan Injil.

Orang PL harus percaya pada Injil yang AKAN DATANG, dan orang PB percaya pada Injil yang SUDAH DATANG. Nuh percaya Injil, dan Abraham juga percaya Injil, yaitu Juruselamat yang akan datang untuk menggantikan mereka dihukumkan. Kita percaya kepada Juruselamat yang SUDAH DATANG menggantikan kita dihukumkan.

Bukan hanya perlu percaya Injil bahkan harus percaya Injil YANG BENAR. Orang yang percaya pada Injil yang salah juga akan binasa.

2Co 11:4 Sebab kamu sabar saja, jika ada seorang datang memberitakan Yesus yang lain dari pada yang telah kami beritakan, atau memberikan kepada kamu roh yang lain dari pada yang telah kamu terima atau Injil yang lain dari pada yang telah kamu terima.

Gal 1:6 Aku heran, bahwa kamu begitu lekas berbalik dari pada Dia, yang oleh kasih karunia Kristus telah memanggil kamu, dan mengikuti suatu injil lain, 7 yang sebenarnya bukan Injil. Hanya ada orang yang mengacaukan kamu dan yang bermaksud untuk memutarbalikkan Injil Kristus.

{2}. Dosa menyalibkan Yesus kedua kali adalah dosa tak terampunkan. Dosa ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang SUDAH menyalibkan Yesus satu kali, artinya orang yang SUDAH LAHIR BARU, karena ketika seseorang lahir baru saat itu ia menyalibkan Yesus baginya. Jika, karena wanita, harta, jabatan, ia menyangkali Kristus dan melepaskan imannya, dan nanti di kemudian hari dia mau kembali lagi, ITU BERARTI DIA AKAN MENYALIBKAN KRISTUS KEDUA KALI.

Ibr. 10:26 Sebab jika kita sengaja berbuat dosa, sesudah memperoleh pengetahuan tentang kebenaran, maka tidak ada lagi korban untuk menghapus dosa itu.

Dosa apakah ini? Jika dosa PERBUATAN, misalnya berbohong, maka tidak ada satu orang pun masuk Sorga. Tetapi sesungguhnya INI DOSA MENYANGKALI YESUS.

Ibr. 10:29 Betapa lebih beratnya hukuman yang harus dijatuhkan atas dia, yang menginjak-injak Anak Allah, yang menganggap najis darah perjanjian yang menguduskannya, dan yang menghina Roh kasih karunia?

INILAH DOSA YANG MENDATANGKAN MAUT.

1 Yoh. 5:16 Kalau ada seorang melihat saudaranya berbuat dosa, yaitu dosa yang tidak mendatangkan maut, hendaklah ia berdoa kepada Allah dan Dia akan memberikan hidup kepadanya, yaitu mereka, yang berbuat dosa yang tidak mendatangkan maut. Ada dosa yang mendatangkan maut: tentang itu tidak kukatakan, bahwa ia harus berdoa.

Ibr. 6:6 namun yang murtad lagi, tidak mungkin dibaharui sekali lagi sedemikian, hingga mereka bertobat, sebab mereka menyalibkan lagi Anak Allah bagi diri mereka dan menghina-Nya di muka umum.

Tuhan memakai kehidupan Musa sebagai simbol untuk mengajarkan kebenaran ini. Musa tidak boleh masuk Kanaan karena memukul batu karang dua kali. Musa hanya disuruh pukul satu kali. Pada kali kedua mereka kekurangan air Musa disuruh berbicara kepada batu karang, tetapi Musa memukul batu karang itu. Musa tidak boleh masuk Kanaan.

Tetapi, jangan memastikan orang yang keluar dari kekristenan bahwa dia pasti sudah menyalibkan Yesus kedua kali. Karena bisa jadi dia hanya Kristen KTP saja, ia belum lahir baru, ia bahkan belum pernah menyalibkan Kristus satu kali.

Kiranya, uraian singkat ini bisa memberi pengertian tentang dosa menghujat Roh Kudus, dan dosa lain yang tak terampunkan. Untuk lebih jelas dapatkan buku saya yang berjudul DOSA TAK TERAMPUNKAN.

Menulis dengan penuh kasih Tuhan Yesus Kristus.

Jakarta, 4 Agustus 2018
Dr. Suhento Liauw
<www.graphe-ministry.org>
Maranatha!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *